Tuesday, November 1, 2011

Cara memasang internet

Cara memasang internet pada komputer
Langkah2 yang harus dikerjakan antara lain:
  1. Pastikan komputer yang hendak di share internet memiliki LAN card, lan card biasa ada di belakang komputer berbentuk kotak memiliki 2 lampu, jika anda bingung seperti apa bentuk LAN card berikut saya sisipkan gambar agar mudah anda mencerna tutorial saya. Harga paling murah adalah Rp 15.000,-
  2. Berikut anda wajib mempunyai kabel LAN (Cross) untuk pc ke pc / LAN (Straight) untuk pc ke modem terserah anda. Perlu di ingat susunan kabel untuk straight dan cross sangat berbeda, anda dapat melihat langsung dari google bagaimana susunan warna yang benar. Harga Paling murah dapat anda cek di google (karena selalu berubah ikut kurs).
  3. Kemudian anda memerlukan Konektor, konektor umumnya sangat mudah di beli di toko2 komputer kebanyakan, konektor ini di gunakan untuk kabel Lan yang sudah di bahas RJ45. Harga paling murah adalah Rp 500,-
  • Susunlah ke 3 item di atas menjadi satu sesuai yang anda inginkan misal ingin membangun koneksi internet untuk single port dari pc lgs ke modem berarti anda harus membentuk Straight.
  • Kira kira hasil akhirnya seperti ini:
  • Anda sudah berhasil membuat sebuah kabel yang bisa di gunakan untuk surfing internet. masukan kabel ke port PC di Rj45, dan satu lagi ke modem anda.
  • Ingat! Settingan modem beda2 tergantung tipe, dan paket yang anda ambil. dalam kasus ini saya akan menggunakan kasus contoh Telkom Speedy.
Karena tidak mungkin saya menjelaskan satu2 secara detail, saya mencoba mencari query dari google untuk settingan Modem ADSL pada merk Aztec ini saya dapatkan dari website http://arie.web.id/2007/09/30/konfigurasi-speedy-menggunakan-modem-aztech/
Sebenarnya modem ada banyak sekali tipenya dan sebagian caranya hampir sama bahkan persis sekali tanpa perubahan. Oleh karena itu saya mencoba untuk mengambil contoh random saja.
Dalam kasus ini anda harus masuk ke Rumah Modem anda, buka IE/mozzila firefox dan ketikan 192.168.1.1 ,tekan enter.
Langkah pertama
Langkah pertama terlebih dahulu tentunya kita login ke web configurationnya dengan user dan password settingan awal yaitu admin
loginmodem.GIF
Langkah kedua
Kalo laginnya salah or password nya lupa yah salah satunya cara lakukan reset pada tombol kecil dibelakang modem tersebut, jika berhasil maka lanjutkan dengan memilih menu wan dan new connection maka akan terlihat seperti pada gambar berikut :
wanconn.GIF
  • lalu isikan connection namenya sesuka anda
  • Pilih Typenya PPOE
  • Encapsulation LLC
  • Isikan juga usernamenya dengan yang didapat dari telkom ditambah @telkom.net
  • jangan lupa passwordnya juga
  • VPI nya isikan dengan 8
  • VCI nya isikan dengan 81
  • yang lainnya biarkan settingan default
  • Kemudian kita simpan konfigurasi nya dengan cara menekan tombol submit
  • Setelah itu kita klik tombol connect biarkan beberapa saat.
  • Jika semuanya benar dari pemasangan splitter dan konfigurasi nya maka tidak sampai semenit koneksi internet pun terjadi ditandai nyalanya lampu DSL dan Internet berwarna kuning secara terus menerus.
Anda bisa melihat jika lampu di LANcard anda menerima data paket akan menyala kedip2 hijau dan warna kuning juga menyala (INGAT LANcard LAMPU BISA DI MODIF! standart warna adalah kuning dan hijau. mohon anda bisa ikuti tutorial ini)
Selamat menjelajahi internet tanpa mekanik dan tanpa membayar teknisi.
Terima kasih.
Tutorial ini tidaklah sempurna,
Anda dapat membubuhi keterangan/ide ide lain agar teman2 lain dan saya ikut tahu hal2 yang tidak diketahui. One for all, all for One.
Me, Koko adrianto.
Apakah ada pertanyaan atau unek2 lain? ingin berbagi cerita /ilmu yang lain? mail me di romanticguardian@ymail.com / shine_technology@yahoo.com sharing anda sangat kami tunggu. thanks..

0 comments:

Post a Comment